Monday 6 November 2017

Seberapa Besar Kekuatan Bom Nuklir?

Oleh: R. Andika Putra Dwijayanto, S.T. (nuclear engineer)


Orang-orang banyak menganggap bom nuklir adalah senjata pemusnah massal yang mengerikan. Sampai banyak anggapan-anggapan hiperbolis terkait kekuatan penghancur dari bom nuklir. Tapi sebenarnya seberapa kuat bom nuklir itu?

Berikut adalah simulasi kalau bom nuklir dengan kekuatan setara Tsar Bomba (50 Megaton TNT) dijatuhkan di Jogja. Bom diledakkan di ketinggian 4 km di atas permukaan tanah.

Hasilnya?

Kawah yang terbentuk akibat ledakan memiliki radius mencapai 1,42 km. Seluruh bangunan yang ada di radius 1,59 km akan hancur total. Seluruh orang yang ada di sana tidak akan selamat. Keraton Kesultanan Yogyakarta, Malioboro, Taman Pintar, Pakualaman, Ngabean sama sekali musnah.

Radius bola api mencapai 4,62 km (setara dengan luas 67,1 km2). UGM, UNY serta kampus sekitarnya sampai Masjid Jogokariyan tidak akan selamat. Begitu pula orang-orang di sekitar sana.

Ledakan udara bertekanan 20 psi akan mencapai radius 8,92 km (setara dengan luas 250 km2). Banguntapan, Kasihan, UMY, Monjali sampai Bandara Adisucipto. Bangunan-bangunan di sekitar sana akan mengalami kerusakan parah. Manusia-manusia di sekitar lokasi 90% kemungkinan tidak akan selamat.

Ledakan udara bertekanan 5 psi akan mencapai radius 20,8 km (setara dengan luas 1360 km2). Rumah-rumah dapat kolaps, orang-orang di area tersebut akan mengalami luka-luka parah dan kematian di mana-mana. Jalan Kaliurang, UII, Bambanglipuro, Godean, Bukit Bintang, termasuk sebagian besar daerah di Sleman, Gunungkidul dan Wates akan terkena dampak.

Radiasi termal dengan derajat bakar ketiga mampu menjangkau area sekitar Muntilan, Purworejo, Magelang, Merapi, Merbabu, Klaten, Sukoharjo, Wonosari, Solo, Boyolali, Salatiga hingga Ambarawa. Radiasi termal ini menyebabkan luka bakar parah yang, saking parahnya, tidak meninggalkan rasa sakit karena mematikan saraf secara total. Luka bakar parah ini bisa jadi mengharuskan amputasi.

Jadi, ya, memang dampaknya besar sekali. Makanya saya tidak yakin yang namanya Perang Nuklir itu akan terjadi. Sekali serang saja lawan sudah hancur mentalnya.

Tentu saja daya ledak senjata nuklir bisa berbeda-beda. Yang ini adalah senjata nuklir terkuat yang pernah diujiledakkan. Senjata nuklir lain lebih rendah daya ledaknya, jadi dampaknya tidak akan sebesar ini. Walau secara psikologis, tetap relatif mengerikan.

Untuk simulasi sendiri bisa akses laman ini: http://nuclearsecrecy.com/nukemap/ 


2 comments:

  1. Mas, bagaimana pandangan Anda tentang masa depan pengembangan nuklir di era Khilafah?
    bikin tulisannya dong..
    Apakah Khilafah akan mengembangkan nuklir dlm bentuk senjata, mengingat perintah Allah di QS.Al-Anfal 60?
    Atau sebatas pemanfaatan utk sumberdaya energi dan lingkungan saja? Atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan barangkali akan dibahas. kalau ingat dan ada waktu cukup.

      Delete